cara merawat lantai kayu

11.03

Perawatan Lantai kayu

Untuk perawatannya, lantai parket/parquet memang perlu perawatan yang khusus, seperti ketika Anda merawat furniture berbahan dasar kayu. Jika Anda adalah orang yang kebetulan banyak berkecimpung pada pembuatan dan perawatan furniture kayu maka tips ini cukup anda jadikan tambahan refersni saja. Namun jika Anda termasuk awam, maka tips didalam artikel ini bisa Anda jadikan acuan dalam menangani perawatan lantai parket/parquet dirumah Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan:

 

  1. Biasakan menyapu lantai parket/parquet Anda rutin setiap hari agar debu tidak bertumpuk pada permukaan parket/parquet. Pakailah sapu berbulu lembut atau penyedot debu (vacuum cleaner) untuk membersihkan dan lanjutkan dengan lap kering untuk mengangkat sisa-sisa debu.

  2. Mengingat bahan utama lantai parket/parquet terbuat dari kayu, maka musuh utamanya adalah kelembaban. Disarankan merawat lantai parket/parquet dengan penyedot debu atau sapu saja. Jangan pernah mengepel lantai parket/parquet karena genangan air yang terkurung di lapisan plywood bisa melapukkan kayu. Selain itu, dengan meningkatnya kelembaban pada parket/parquet dapat menimbulkan perbedaan tekanan yang drastis. Akibatnya sendi parket/parquet bisa lepas dan kalau diinjak lantai akan berbunyi atau berderik.

  3. Meski banyak produk lantai parket/parquet yang menjanjikan tahan gores dan tak bisa dirembesi air, lebih baik hindari penggunaan air pada lantai parket/parquet untuk menjaga keawetannya. Jangan sampai air merembes ke dalam pori-pori parket karena akan membuatnya terkelupas.

  4. Jika lantai parket/parquet Anda terkena noda makanan atau minuman, segera angkat kotorannya dengan tisu atau lap kering. Lalu gunakan cairan khusus pembersih kayu parket/parquet untuk membersihkan lapisan permukaannya.

  5. Agar tidak menimbulkan goresan atau cacat pada permukaan lantai parket/parquet, Anda harus berhati-hati ketika memindahkan barang. Sebaiknya barang diangkat dan alas furnitur dilapisi karet agar tidak menimbulkan bekas goresan pada lantai. Alas kaki atau sepatu yang digunakan juga sebaiknya tidak tajam dan keras. Hindari memindahkan perabot atau furniture dengan cara mendorongnya diatas lapisanparket/parquet , karena cara ini sangat berpotensi merusak lapisan parket/parquet dirumah anda.

  6. Untuk lantai parket/parquet yang terbuat dari kayu solid atau kayu keras, perawatan tambahan yang dilakukan adalah proses waxing atau penyemiran ulang setiap bulan dengan menggunakan bahan pengkilap kayu (teak oil, pledge) dan tiap dua tahun sekali sebaiknya dilakukan coating ulang.

  7. Untuk membersihkan noda membandel sekaligus membuat lantai parket/parquet lebih berkilau, Anda bisa memanfaatkan air perasan lemon atau belimbing wuluh. Atau Anda bisa memakai white vinegar yang didiamkan selama 4 menit pada noda di lantai parket, lalu Anda bersihkan dengan kain lap yang bersih.

  8. Karpet dapat dijadikan alternatif untuk menutupi lantai parket/parquet, terutama pada area atau ruangan yang paling sering dilalui. Namun pilihlah karpet dengan lapisan yang tidak licin sehingga tidak mudah tergeser yang mungkin akan menyebabkan siapapun yang melaluinya tergelincir atau terpeleset.

  9. Selain menjaga lantai parket/parquet dari kelembaban, sebaiknya anda gunakan lapisan atau bahan kimia anti rayap. Untuk membuat lantai parket/parquet anti rayap bisa dilakukan penyuntikan pada kepingan kayunya. Atau ketika Anda membeli material parket/parquet ini, Anda bisa memilih jenisparket/parquet yang sudah disuntik dengan cairan anti rayap.

  10. Untuk daerah tropis, lantai parket/parquet memang membutuhkan perawatan ekstra karena warna kayu bisa pudar akibat sinar matahari. Untuk menjaga agar penampilan parket tetap awet, sebaiknya Anda sering menukar letak perabot di ruangan yang menggunakan parket. Anda juga bisa melakukan proses steam setiap 6 bulan sekali. Proses steam ini dimaksudkan agar warna dan kebersihan parket/parquet tetap terjaga dengan baik.






Demikian tips pada artikel kali ini, dengan mengikuti panduan dan tips diatas maka merawat lantai parket/parquet agar tetap awet dan terjaga kebersihan serta keindahannya bukan lagi masalah buat anda.

You Might Also Like

0 komentar

About Me

Followers

Like us on Facebook

Flickr Images